Bagaimana Cara Membuat Cutting Sticker Dari Bahan Scotlite?

Bagaimana Cara Membuat Cutting Sticker Dari Bahan Scotlite?

posted by Custom on July 25, 2016

Saat ini trend cutting sticker telah populer di kalangan masyarakat mulai dari sticker desain sederhana hingga desain die cut unik, selain itu ada beberapa bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan sticker printing ini, salah satunya adalah scotlite. Scotlite merupakan die cut sticker yang telah jadi masksudnya adalah scotlite ini telah memiliki warna dan biasanya dipakai dalam untuk pembuatan die cut atau kiss cut sticker. Cara pembuatan die cut stickers dari bahan scotlite sangat mudah dan lebih praktis dari pada menggunakan bahan lainnya. Bagaimana cara membuat cutting sticker dari bahan scotlite?


Inilah Cara Membuat Cutting Sticker Dari Bahan Scotlite

Sticker printing merupakan sticker vinil yang sering digunakan untuk sticker motor, mobil, dll. Die cut ini memiliki kualitas tinggi dari pada jenis sticker lainnya sehingga bahan yang digunakan pun juga jauh berbeda dengan die/ kiss cut sticker lainnya. Salah satu bahan die cutting yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan die cut sticker adalah scotlite karena lebih mudah dan praktis jika dibandingkan dengan bahan die cut lain. Die cut/ kiss cut stickers sering digunakan untuk menghias helm, motor, mobil, dll agar terlihat lebih keren dan unik. Cara pembuatan die cut stickers sangat mudah apalagi jika menggunakan media scotlite. Bagaimana cara membuat sticker printing dari scotlite?

Berikut adalah beberapa langkah dalam proses pembuatan cutting sticker menggunakan bahan scotlite:

  1. Menggambar desain. Hal yang harus dilakukan dalam pembuatan die cutting dengan bahan scotlite, yaitu menggambar desain die cut sticker yang diinginkan pada bahan scotlite. Anda hanya tinggal menggambar desain atau polanya saja tanpa harus memberikan warna pada die/ kiss cut stickers yang akan dibuat.
  2. Cutting. Setelah proses menggambar die/ kiss cut stickers selesai maka selanjutnya adalah menggunting die cut scotlite berdasarkan pola desain yang telah digambar diatas scotlite. Proses ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar hasil die/ kiss cut sticker lebih rapi dan bagus.
  3. Packaging. Proses selanjutnya adalah proses packaging sticker printing, yaitu membuang bagian scotlite yang tidak terpakai dan merapikan hasil guntingan pola desain die cut stickers, kemudian diberi dengan masking tape.

Itulah beberapa langkah dalam proses pembuatan kiss cut sticker dengan bahan scotlite, tetapi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih bagus lagi maka cobalah untuk membuat die cut sticker bahan scotlite dengan cara print langsung diatas scotlite sehingga akan memberikan efek berbeda dari sticker lainnya. Hasil dari tehnik die cutting yang satu ini dapat memberikan efek lebih mengkilap dan warna scotlite lebih memantul sehingga terlihat lebih unik dan akan berpendar saat terkena cahaya.

Tinta yang biasa digunakan dalam pembuatan die cut stickers adalah tinta ecosolvent yang berkualitas tinggi sehingga hasil gambar die cutting dengan tinta ini tidak luntur jika terkena sinar matahari dan juga air. Jika ingin lebih awet maka gunakan coating atau laminasi tipis pada kiss cut stickers yang dapat melindungi cutting sticker dari pudar karena panasnya sinar matahari dan rusak karena gesekan.