Cara Membuat Die Cut Sticker Keren dan Mudah

Cara Membuat Die Cut Sticker Keren dan Mudah

posted by Custom on July 25, 2016

Salah satu jenis sticker yang populer di kalangan masyarakat adalah die cut sticker. Sticker jenis ini merupakan kiss cut sticker yang dipotong sesuai pola desain die cut yang tembus hingga ke bagian backing kertasnya. Sticker printing banyak digunakan untuk sticker label, motor, mobil, distro, tag, souvenir, dan lainnya. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kiss cut stickers sangat beraneka macam mulai dari bahan kromo hingga vinyl dengan kualitas tinggi. Bagaimana cara membuat die cut stickers yang keren?


Inilah Cara Membuat Die Cut Sticker Keren dan Mudah

Pembuatan kiss cut sticker sangatlah mudah dan simpel, yaitu dengan menggunakan mesin cetak dan juga mesin cutting sticker digital sehingga lebih praktis dan hasilnya lebih rapi. Kiss cut stickers berbeda dengan jenis sticker lainnya karena ada bagian tertentu die cut yang harus dipotong lebih tebal dari pada die cutting lainnya. Berikut adalah beberapa langkah pembuatan die cut sticker keren dan praktis:

  1. Membuat pola desain. Hal yang harus dilakukan dalam membuat die cut stickers adalah membuat pola desain sticker printing yang akan dibuat. Dalam pembuatan pola die cutting sebaiknya gunakan gambar dengan tingkat resolusi besar sehingga gambar yang dihasilkan lebih bagus dan rapi. Dalam pembuatan pola desain die cut/ kiss cut sticker sebaiknya buat dengan simpel dan menyambung sehingga dapat memudahkan dalam proses penempelan die cut karena cutting sticker ini tidak menggunakan masking.
  2. Ukuran kertas. Ukuran kertas yang biasa digunakan untuk pembuatan die cut sticker adalah kertas ukuran 32 x 48 cm dan 59.4 x 84.1 cm. Ukuran kertas yang digunakan tidak boleh melebihi ukuran ini agar proses pencetakan die cut stickers tidak perlu untuk disetting ulang yang akan memperlambat proses produksi die cutting.
  3. Area print. Area print ini merupakan daerah atau ukuran yang dapat di print dengan maksimal, yaitu dengan pedoman area mesin cutting die/ kiss cut sticker. Area print yang digunakan untuk pembuatan sticker printing yaitu sekitar 27 x 40 cm dan 50 x 70 cm, area ini mengalami penyusutan jika dibandingkan dengan ukuran kertas karena dibutuhkan bagian kosong untuk mencetak tanda batas potong atau cropmark. Adanya area kosong cutting sticker ini dapat memudahkan dalam proses cutting kiss cut stickers.
  4. Cutting. Selanjutnya adalah proses pemotongan atau cutting pada die cut stickers yang telah digambar pada bahan sticker. Potonglah die cutting sesuai dengan pola desain cutting sticker yang telah digambar, proses cutting ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian karena bahan yang digunakan dalam pembuatan kiss cut stickers lebih tebal dari bahan sticker lainnya dan hasil dari cutting sticker printing ini mempengaruhi kualitas die cut yang dihasilkan.

Itulah beberapa informasi seputar cara membuat die cut sticker yang keren dan mudah untuk dipraktekkan di rumah.