Cara Mendesain Cutting Sticker yang Menarik dan Beda dari ya

Cara Mendesain Cutting Sticker yang Menarik dan Beda dari yang Lain

posted by Custom on July 25, 2016

Die cut sticker memang tersedia dalam berbagai desain yang menarik dan semakin ke sini, banyak orang semakin kreatif dalam membuat kiss cut sticker. Kita pun sebenarnya bisa menciptakan gaya dan desain die cut stickers kita sendiri yang pas dengan apa yang kita mau. Walau begitu, sangat penting bahwa perancangan kiss cut stickers tetap terarah dan benar demi menjadikan hasilnya luar biasa apik dan membuat orang-orang tertarik dengan die cutting stiker buatan kita. Die cut stiker bukan hanya tempelan biasa, kita tahu betul bahwa ini merupakan hiasan untuk benda di sekitar kita, maka pastikan desain sticker printing enak dipandang. Ada juga beberapa tahapan dalam membuat cutting sticker yang bisa diperhatikan.


Langkah-langkah Perancangan Cutting Sticker

  • Berburu ide. Mendapatkan konsep itu jelas yang utama sebelum mulai merancang kiss cut sticker, jadi harus ada ide lebih dulu. Pembuatan die cut stickers perlu ada latar belakangnya karena setiap pembuat pasti sadar tidak sadar punya alasan atau tujuan mengapa menciptakan kiss cut stickers. Coba pikirkan pesan apa yang ingin disampaikan melalui die cutting stiker dan kesan seperti apa yang ingin diciptakan lewat die cut stiker. Baru setelah itu pembuatan desain sticker printing akan lancar dan cutting sticker pun akan lebih menarik nanti jadinya.
  • Membuat sketsa. Tidak hanya melukis saja yang membutuhkan sketsa, merancang die cut sticker pun perlu sketsa. Buat sketsa desain kiss cut sticker di atas selembar kertas, baru kalau sudah jadi boleh dipindah ke komputer. Kalau sudah terbentuk sketsa die cut stickers, maka desain yang akan dibuat pun nantinya akan lebih solid meski awalnya memang bingung dengan apa yang ingin dibuat untuk kiss cut stickers.
  • Mendapatkan referensi. Perancangan desain die cutting stiker prosesnya akan lebih menyenangkan dan mudah apabila sudah ada referensinya, baik itu dari buku atau internet. Ide desain kita akan die cut stiker bisa lebih diperkaya lagi. Sticker printing bisa dibuat dari berbagai sumber referensi sebab kita akan dengan mudah menemukan elemen cutting sticker yang pas.
  • Memindah sketsa. Sketsa die cut sticker akhirnya bisa dipindah ke komputer dan bisa langsung diolah menggunakan Adobe Photoshop, tapi Illustrator juga keren dan bisa diandalkan untuk membuat kiss cut sticker. Warna-warna yang tepat dan selaras dengan desain die cut stickers kita bisa dipakai. Mode warna CMYK bisa digunakan dalam mencetak kiss cut stickers.
  • Memberi die-cut line. Pada desain die cutting stiker, bisa diberi panduan die-cut line di sekitarnya. Line-nya bisa dibuat dengan garis tipis saja dan dibuat dengan satu warna. Saat akan mencetak die cut stiker, pastikan untuk memberitahu staf yang akan mencetak milik kita tentang mana batas pada sticker printing yang perlu dipotong. Paling tidak harus ada jarak yang diberi sekitar 0,3 cm antara desain dengan garis die cut sehingga tidak memotong desain cutting sticker.